You are currently viewing Membuat Kemasan Parfum Mewah Untuk Bisnis Parfum!

Membuat Kemasan Parfum Mewah Untuk Bisnis Parfum!

Sobat ingin membuat kemasan parfum mewah untuk bisnis parfum yang lagi kamu rintis, namun edang bingung harus buat kemasannya seperti apa?

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, parfum merupakan sebuah hal yang tidak dapat terpisahkan. Oleh karenanya, bisnis parfum setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dari sisi permintaan. Hal yang membuktikan hal ini adalah maraknya berbagai ruko penjual parfum, baik di pinggir jalan maupun yang berada di mall besar.

Untuk bisa menjadi berbeda dan unik, tentunya sobat memerlukan strategi yang berbeda dari para kompetitor lainnya. Salah satunya adalah terkait pemilihan kemasan parfum yang berkualitas dan memiliki ciri khas. Kemasan parfum menjadi sangat vital perannya karena hal tersebutlah yang pertama kali bersentuhan dengan konsumen dan bisa meningkatkan peluang pembelian.

Lantas, hal-hal apa saja sih yang harus sobat perhatikan dan jadikan acuan ketika sobat ingin membuat kemasan parfum mewah yang terlihat unik? Daripada berlama-lama, mari kita simak bersama artikelnya!

Pertimbangan Membuat Kemasan Parfum Mewah

Jika sobat sedang merintis usaha parfum, maka besar kemungkinan kemasan parfum yang sobat gunakan bersifat custom. Nah, lantas seperti apa sih petunjuk dan tata cara untuk membuat kemasan custom yang unik? Terdapat beberapa parameter yang perlu sobat perhatikan, antara lain:

1. Material Kemasan

Hal pertama yang perlu sobat perhatikan adalah material dari kemasan yang akan sobat gunakan. Coba sobat tebak: jika terdapat dua jenis parfum, A & B, dan masing-masing memiliki berat 200 gram & 400 gram, kira-kira mana yang akan sobat pilih?

Tahukah sobat bahwa secara naluriah, kita akan memilih parfum yang memiliki berat lebih tinggi daripada yang lebih ringan? Hal ini karena otak manusia mengasosiasikan berat dengan volume dari parfum itu sendiri. Walaupun kita tidak mengetahui secara pasti berapa berat dari suatu produk, namun kita cenderung memilih produk yang memiliki berat ataupun volume kemasan yang lebih besar.

Dengan memahami customer behaviour, kita sebagai penjual parfum harus dapat memilih material kemasan yang tepat dengan harga terbaik sehingga potensi penjualan produk parfum kita menjadi semakin tinggi. Lantas, material apa saja yang dapat sobat pilih?

Terdapat berbagai jenis pilihan material kemasan parfum yang bisa sobat pilih seperti halnya kemasan berbahan dasar kertas ivory, kertas duplex, kertas kraft ataupun kardus corrugated box. Pada umumnya, kertas ivory merupakan pilihan utama bagi para pengusaha parfum. Hal ini karena fleksibilitas terhadap warna yang kertas tersebut tawarkan sehingga desain yang kamu buat dapat tampil dengan warna maksimal. Namun, kertas ivory juga memiliki harga yang relatif mahal jika kita bandingkan dengan material lainnya.

Lantas, material jenis apa nih yang bisa sobat pilih dengan keterbatasan sumber daya yang ada? Salah satu opsinya adalah kertas kraft ataupun kardus corrugated box. Memang, kertas kraft tidak bisa kita sandingkan secara apple to apple dengan kertas ivory. Dari warnanya saja kertas kraft memiliki default warna dasar coklat, sedangkan kertas ivory memiliki warna dasar putih. Namun, kertas kraft dapat menjadi kemasan yang unik ketika kita padukan dengan desain bertema alam, rustic ataupun klasik.

Desain yang telah sobat rancangkan tersebut dapat kita tempelkan baik dengan menggunakan stiker ataupun sablon satu warna secara langsung pada kemasan parfum. Dengan harga yang relatif jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan kertas ivory, kertas kraft bisa menjadi opsi kemasan parfum mewah bagi para pengusaha parfum pemula.

Baca Juga: Analisa Modal Usaha Parfum Refill Laba Besar!

2. Bentuk Kemasan

membuat kemasan parfum mewah untuk bisnis parfum gemapack 2
Source: Sociolla

Hal kedua yang bisa sobat pertimbangkan adalah terkait bentuk kemasan parfum. Mayoritas kemasan parfum memiliki bentuk yang relatif sama, yakni berbentuk kotak persegi panjang keatas dengan bukaan tutup di atas. Lantas, hal apa yang bisa sobat lakukan agar bisa menjadi berbeda? Jawabannya tidak lain adalah dengan membuat bentuk kemasan yang berbeda.

Tentunya untuk membuat bentuk kemasan yang berbeda, sobat perlu mengeluarkan effort yang tidak sedikit. Bayangkan saja, sobat perlu mencari referensi ide bentuk kemasan, lalu membuat desain bentangan dari kemasan tersebut, barulah kemudian sobat berikan kepada vendor penyedia kemasan seperti GemaPack. Namun yakinilah sobat bahwa dengan usaha yang sangat besar tersebut, peluang sobat untuk bisa memenagkan kompetisi sebagai pengusaha parfum juga semakin besar.

3. Desain Kemasan

Kemasan yang unik tentunya membutuhkan desain grafis yang juga berbeda dari yang lain. Oleh sebab itu, sobat sebagai pengusaha parfum perlu dengan sangat memahami dan memperhatikan trend yang saat ini sedang naik daun. Trend ini dapat sobat cari tahu dengan memahami consumer behaviour yang saat ini terjadi di masyarakat.

Sebagai contoh, tahukah sobat bahwa membeli dan menggunakan produk ramah lingkungan seringkali diasosiasikan dengan status sosial dalam persepsi Gen Z? Nah jika target pasar dari bisnis parfum sobat adalah Gen Z, maka sobat perlu memperhatikan kemasan produk yang sobat buat agar dapat terlihat bahwa perusahaan sobat mendukung gerakan ramah lingkungan. Jika hal tersebut bisa sobat lakukan, maka besar kemungkinan produk sobat dapat terjual secara maksimal. Tentunya hal ini tidak terjadi secara cuma-cuma ya sobat. Sobat tetap perlu memperhatikan kualitas dari produk parfum karena hal tersebut tidak dapat kita pisahkan sebagai salah satu faktor kesuksesan bisnis.

4. User Experience

Sobat, coba posisikan dirimu sebagai seorang customer. Pertimbangkan hal-hal apa saja yang bisa membuat kamu terkesima dengan suatu produk, serta hal-hal apa saja yang harus kamu hindari. Dengan memahami konsep user experience, sobat bisa memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen ketika mereka menerima dan menggunakan produk kita. Hal-hal mudah yang bisa kita lakukan untuk memberikan user experience yang baik salah satunya dengan memberikan kartu ucapan serta bonus potongan ekslusif untuk pembelian berikutnya.

client gemapack

Gimana sobat, udah terbayang bukan cara membuat kemasan parfum mewah untuk bisnis parfum kamu? Nah, jangan lupa yaa untuk buat packagingnya di GemaPack aja! Kamu bisa banget nih berkonsultasi dengan packaging expert GemaPack melalui tombol ini!

GemaPack sendiri merupakan sebuah pabrik packaging di Bekasi yang telah melayani ratusan customer dengan berbagai kebutuhan. Kami menyediakan Box kardus corrugated dengan nama Master Box RSC yang cocok untuk kebutuhan storage / menyimpan barang, shipment / pengiriman barang, keperluan gudang dan yang lainnya.

Jika ingin melihat artikel lainnya, silahkan klik berikut ini 

Tinggalkan Balasan