Maraknya penjual ayam pinggir jalan menunjukan betapa menggiurkannya peluang usaha bisnis ayam crispy kekinian. Dengan modal yang relatif minim, siapapun bisa menjadi juragan bisnis ayam crispy kekinian. Tertarik untuk mencobanya sobat? Simak penjelasannya berikut ini.
Tips & Peluang Usaha Bisnis Ayam Crispy Kekinian
Hampir semua orang Indonesia tidak ada yang tidak suka dengan ayam. Terlebih lagi ayam crispy ala KFC yang memiliki kerenyahan tiada dua. Oleh karenanya, muncul berbagai jenis merk ayam crispy pinggir jalan dengan harga yang lebih terjangkau. Tujuannya tidak lain adalah mendapatkan pasar yang sulit untuk bisa di dapatkan oleh brand terkenal karena adanya price gap.
Proses pembuatan ayam crispy pun tergolong mudah. Bisa kita katakan bahwa semua orang bisa menjadi chef ala rumahan dan berjualan ayam crispy di depan rumahnya. Dengan berbekal ayam, tepung, telur dan bumbu rahasia, sobat sudah bisa menjadi spesialis ayam crispy untuk usaha sendiri.
Dengan berbagai keunggulan dan peluang yang ada, terdapat beberapa hal yang tetap perlu sobat perhatikan, diantaranya:
1. Menentukan Jenis Bisnis Ayam Crispy
Restoran vs Take Away
Apakah sobat ingin menyasar segmen pasar kelas menengah atas dengan berjualan di ruko? Ataukah sobat lebih ingin menyasar segmen kelas bawah dengan cara membuka etalase di pinggir jalan saja? Sobat perlu menentukan hal ini sebelum akhirnya dapat menjalankan bisnis ayam crispy.
Baik membuka restoran atau hanya membuka etalase pinggiran jalan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sobat bisa mendapatkan keuntungan per item penjualan yang lebih tinggi dengan membuka restoran ayam crispy. Namun disisi lain, sobat juga perlu menanggung biaya yang tidak sedikit untuk membuka restoran.
Jika sobat ingin membuka etalase di pinggir jalan, maka mungkin keuntungan per item penjualan yang bisa sobat dapatkan tidak sebesar ketika sobat membuka restoran ayam crispy. Sobat perlu memikirkan metode yang dapat meningkatkan volume penjualan agar sobat bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan. Namun sisi baiknya adalah biaya yang mungkin harus sobat tanggung untuk menjalankan bisnis ayam crispy tidaklah besar. Bahkan, sobat bisa menjadi pegawai dan berjualan sendiri.
Brand Owner vs Franchise
Hal kedua yang perlu sobat pertimbangkan adalah branding dari perusahaan. Apakah sobat ingin menjadi pemiliki brand ayam crispy sendiri, ataukah sobat lebih ingin menumpang brand lain yang telah eksis & terkenal? Sobat perlu memikirkan hal ini dengan matang.
Keuntungan dari menjadi brand owner adalah tidak adanya limitasi terhadap kreatifitas produk yang sobat jual. Sobat bisa dengan bebas membuat produk ayam crispy kekinian dengan seunik mungkin. Contoh, sobat bisa membuat ayam crispy dengan saus asam manis, saus black pepper, membuat adonan tepung dengan campuran bumbu tertentu, dan sebagainya.
Nah jika sobat ingin menjadi pemilik franchise, maka kreatifitas dari sobat akan terbentur dengan regulasi pemilik brand. Sobat tidak bisa dengan seenak hati mengubah resep karena hal tersebut akan mempengaruhi citra brand secara keseluruhan. Namun sisi baiknya dari menjadi pemilik franchise adalah sobat tidak perlu pusing terkait sistem bisnis, SOP atau bahkan supply dari bahan. Biasanya, pemilik franchise akan menyediakan akses terhadap hal-hal ini sehingga sobat hanya perlu memikirkan bagaimana cara membuka pasar dengan baik di tempat sobat berjualan.
2. Menentukan Value Added / Keunikan Bisnis Ayam Crispy
Tips kedua yang perlu sobat perhatikan dalam membuat bisnis ayam crispy kekinian adalah menentukan nilai tambah dari produk yang sobat jual. Sobat perlu dengan seksama memperhatikan bagaimana sobat bisa menjadi berbeda dan unik daripada kompetitor sejenis. Keunikan bisa sobat gali dari sisi rasa, saus, pelayanan, bahkan lokasi.
Lantas, bagaimana jika sobat menggunakan sistem franchise? Karena nilai tambah tidak bisa kita berikan pada produk, maka hal yang bisa kita lakukan guna memberikan nilai tambah pada bisnis ayam crispy kita adalah mencari sisi lain selain produk yang bisa kita kembangkan. Contohnya saja dari sisi lokasi. Sobat bisa melakukan riset mendalam terkait segmen pasar dari bisnis dengan menggunakan Customer Journey Map yang biasa startup gunakan dan mencari lokasi potensial terbaik.
3. Mencari Pemasok Bisnis Ayam Crispy
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan pemasok. Pemasok bahan haruslah sosok yang amanah, kredible dan jika memungkinkan bersertifikasi. Indonesia sendiri merupakan negara dengan popilasi umat Muslim terbesar di dunia. Oleh karenanya, sudah sepatutnya kita mencari pemasok yang memang telah bersertifikasi halal.
Permasalahan untuk mencari pemasok tidak akan kita temui jika kita menggunakan sistem franchise. Hal ini karena biasanya, pemilik brand franchise pasti telah menyediakan referensi lokasi bagi kita untuk membeli bahan.
4. Kebutuhan Modal Usaha Bisnis Ayam Crispy
Modal yang sobat perlukan untuk menjalankan usaha bisnis ayam crispy ini dapat beragam loh. Contohnya saja jika sobat ingin menggunakan sistem franchise, salah satu brand ayam cripsy yang terkenal dengan awalan D’ memberikan patokan harga dari Rp15.000.000 – Rp90.000.000, bergantung pada jenis ukuran gerokan atau etalase yang sobat inginkan.
Bagaimana jika sobat ingin membuat brand sendiri? Nah berikut ekspektasi biaya yang sobat butuhkan beserta keterangan.
Inventaris Aset
Inventaris aset mencangkup barang-barang yang bersifat tidak habis pakai atau bisa kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Barang-barang yang termasuk ke dalam kategori inventaris aset ini antara lain:
- Gerobak/ etalase: Rp1.500.000 – Rp5.000.000
- Sticker, banner: Rp100.000
- Kompor satu tungku: Rp100.000 – Rp150.000
- Wajan jumbo: Rp300.000
- Sodet/ spatula: Rp50.000
- Jepitan/ capitan: Rp50.000
- Tabung gas: Rp300.000 – Rp500.000
- Wadah plastik: Rp100.000 – Rp200.000
- Nampan: Rp40.000
- Box cooler: Rp250.000 – Rp600.000
Total Biaya Inventaris Aset: Rp2.790.000 – Rp6.990.000
Biaya Operasional
Komponen yang termasuk biaya operasional antara lain:
- Biaya kebersihan lingkungan = Rp100.000 – Rp300.000
- Gaji karyawan (per orang) = Rp800.000 – Rp2.500.000
- Listrik dan air = Rp150.000 – Rp500.000
- Sewa tempat = Rp1.000.000 – Rp2.000.000
- Retribusi = Rp75.000 – Rp150.000
Total Biaya Operasional: Rp2.125.000 – Rp5.450.000
Biaya Bahan Dasar Awal
Asumsi pertama yang harus kita pegang adalah biaya bahan dasar dari ayam crispy maksimal sama dengan 40% dari harga jual. Jika kemudian harga jual dari 1 ayam adalah Rp15.000 dan setiap hari kita bisa menjual 25 – 50 pcs ayam crispy, maka biaya bahan dasar yang kita butuhkan dalam satu bulan adalah:
- Biaya bahan per porsi: 40% x Rp 15.000 = Rp6.000
- Biaya bahan dasar per bulan: 30 hari x 25 pcs x Rp6.000 = Rp4.500.000
- Biaya bahan dasar per bulan: 30 hari x 50 pcs x Rp6.000 = Rp9.000.000
Total Biaya Bahan Dasar Awal: Rp4.500.000 – Rp9.000.000
Perkiraan Keuntungan
Lantas, berapa sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan usaha bisnis ayam crispy kekinian? Cara menghitungnya mudah kok sobat, berikut contohnya:
- Keuntungan = Pemasukan – Pengeluaran (Bulanan) – Pengeluaran Investasi
- Asumsi 1 hari terjual 25 pcs ayam
- Harga jual per pcs Rp15.000
- Keuntungan per bulan = Pemasukan – Pengeluaran Bahan Dasar – Pengeluaran Operasional – Pengeluaran Inventaris Aset/12
- Keuntungan = (Rp15.000 x 30 hari x 25 pcs) – (Rp6.000 x 30 hari x 25 pcs) – (Rp2.125.000) – (Rp2.790.000/12)
- Keuntungan = Rp11.250.000 – Rp4.500.000 – Rp2.125.000 – Rp232.500 == Rp4.392.500
Perkiraan Keuntungan Per Bulan: Rp4.392.500 – Rp11.142.500
5. Membangun Brand & Promosi
Hal pertama yang harus sobat lakukan sebagai langkah pengenalan brand adalah dengan menarik massa. Parameter yang paling mudah untuk kita gunakan sebagai penarik minat konsumen adalah harga, oleh sebab itu berikanlah diskon khusus pembukaan bisnis. Pastikan untuk menaikan harga dari harga normal sehingga walaupun judulnya diskon, namun sobat tetap bisa mendapatkan keuntungan walaupun tipis atau bahkan pas dengan modal.
Jika sobat tidak ingin memberikan diskon pengurangan harga, maka sobat bisa juga gunakan trik memberikan sesuatu kepada konsumen. Contohnya saja “buy 1 get 2” atau promo “buy 1 get free merchandise”. Merchandise yang bisa sobat berikan pun tidak perlu barang mahal, cukup barang yang fungsional. Fungsionalitas menjadi pertimbangan utama. Hal ini karena barang yang bermanfaat akan digunakan oleh konsumen. Semakin sering konsumen gunakan, maka semakin sering pula konsumen terpapar oleh brand bisnis ayam cripsy yang ada di merchandise. Dalam jangka panjang, brand kita akan melekat dengan erat dan berpotensi menghasilkan repeat order/ pembelian ulang.
Sobat juga perlu memahami bahwa konsumen saat ini sudah beralih menjadi konsumen digital. Konsumen akan memilih produk yang lebih dapat memberikan kemudahan bagi dirinya. Alhasil, mendaftar sebagai merchant di platform digital seperti Gofood merupakan hal yang sangat penting dan harus kita lakukan.
7. Melakukan Pembukuan
Hal terakhir yang harus sobat perhatikan dalam membuka usaha bisnis ayam crispy adalah terkait pembukuan. Pencatatan terhadap transaksi masuk dan keluar perlu sobat lakukan secara rutin dan spesifik. Pisahkan antara rekening pribadi dan rekening usaha. Jika perlu, rekrut karyawan yang secara spesifik melakukan pekerjaan ini.
Banyak dari usaha rintisan gagal karena metode pembukuan yang tidak baik. Alhasil, pemilik usaha tidak dapat mengetahui kondisi riil dari bisnis yang saat ini berjalan. Tanpa data yang baik, maka pengambilan keputusan bisnis pun menjadi terganggu. Nah jika sobat membutuhkan aplikasi pembukuan dengan harga yang terjangkau dan kualitas super, sobat bisa coba Mabrook ERP by GemaPack. Jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut terkait Mabrook, sobat bisa hubungi tim ahli GemaPack melalui tombol yang ada.
Itulah pemaparan terkait peluang usaha bisnis ayam crispy kekinian. Jika kamu tertarik untuk membuat kotak kardus untuk ayam crispy, kamu bisa banget nih berkonsultasi dengan packaging expert GemaPack melalui tombol ini!
GemaPack sendiri merupakan sebuah pabrik packaging di Bekasi yang telah melayani ratusan customer dengan berbagai kebutuhan. Kami menyediakan Box kardus corrugated dengan nama Master Box RSC yang cocok untuk kebutuhan storage / menyimpan barang, shipment / pengiriman barang, keperluan gudang dan yang lainnya.
Jika ingin melihat artikel lainnya, silahkan klik berikut ini